72 Proposal PKM Lolos Seleksi Internal, POLSUB Siap Berkompetisi Nasional


Sebanyak 72 proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dinyatakan lulus seleksi internal Politeknik Negeri Subang (POLSUB) setelah melewati proses review yang ketat. Seluruh proposal tersebut akan direview ulang oleh para pembimbing dari masing – masing kelompok supaya bisa memperoleh pendanaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dengan dipersiapkannya 72 proposal PKM tersebut, secara tidak langsung juga merealisasikan rencana Politkenik Negeri Subang untuk mengirimkan 60 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang berhasil tercapai. Menurut Wiwik Endah Rahayu, Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, berdasarkan hasil seleksi internal, semua jurusan yang ada di POLSUB berhasil mencapai target untuk mengirimkan proposal sebanyak 15 usulan proposal, dan nantinya akan dibimbing lagi supaya bisa bersaing secara nasional.

“Kami tentu berharap semua proposal, yaitu 72 usulan mahasiswa bisa dikirim semua setelah mendapatkan bimbingan dari para pembimbing. Semoga nanti banyak yg memperoleh pendanaan,” ungkap Wiwik.

Selain itu, keberhasilan POLSUB mencapai target berkat motivasi dari setiap jurusan kepada mahasiswa. Menurut Ketua Pelaksana PKM POLSUB, Fenny Aprilliani, animo untuk mengikuti PKM ini meningkat tiga kali lipatnya dibandingkan tahun sebelumnya. “Alhamdulillah tahun ini ada sebanyak 92 proposal PKM yang berhasil mengikuti review internal,” ungkapnya.

Fenny juga menambahkan tahun ini, POLSUB menargetkan setiap jurusan untuk mendaftarkan proposal PKM nya minimal 15 proposal. Proposal PKM yang masuk selanjutnya direview oleh tiga perwakilan dosen setiap jurusan untuk menilai apakah proposal PKM tersebut layak untuk didaftarkan di Simbelmawa. Proses reviwe proposal ini dilakukan dengan menggunakan rubrik penilaian sesuai standar PKM.

“Sebenarnya ide-ide yang ditulis dalam proposal PKM bagus semua, hanya saja masih ada beberapa proposal yang tidak sesuai dengan pedoman penulisan dan kurang melengkapi dokumen yang diminta,” jelas Fenny.

Fenny berharap dengan adanya 72 proposal ini bisa berhasil untuk lolos ke tahapan seleksi pusat melalui SIMBELMAWA. Sedangkan, bagi yang belum lolos bisa mempersiapkan kembali proposal PKM tahun depan. Adapun jumlah pendaftar PKM internal ini masing-masing jurusan masing-masing adalah 15 Proposal dari Jurusan Pertanian, 16 Proposal dari Jurusan Teknik Mesin, 48 Proposal dari Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer, dan 15 Proposal dari Jurusan Kesehatan. Untuk jumlah proposal yang lulus seleksi berdasarkan bidangnya adalah PKM-RE sebanyak 13 proposal, PKM-K 8 proposal, PKM-PM 26 proposal, PKM-KC 12 proposal, PKM-GFT 1 proposal dan PKM VGK sebanyak 3 proposal.