Mau Kuliah dengan Fasilitas Mewah dan Biaya Terjangkau? POLSUB Pilihannya!


Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2024-2025 di Politeknik Negeri Subang telah dibuka. POLSUB sebagai satau -satunya kampus negeri di Kabupaten Subang hadir untuk memfasilitasi para calon mahasiswa baru dengan fasilitas – fasilitas yang memadai, serta biaya yang terjangkau. Sehingga, saat ini setiap lulusan dari SMA/SMK/MA bisa kuliah tanpa memikirkan biaya. kuliah.
Hal itu juga dibenarkan oleh Wakil Direktur Bidang Akademik I, Wiwik Endah Rahayu. Menurutnya, POLSUB saat ini menyediakan fasilitas beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang bisa dimanfaatkan oleh calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan study di Perguruan Tinggi, khususnya di POLSUB.”Selain mahasiswa dibebaskan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT), mereka juga akan mendapat bantuan biaya hidup bulanan, sesuai dengan hasil verivikasi dari pusat nanti,” ungkap Wiwik.
Program KIP-K di POLSUB sendiri terdiri atas tiga kategori. Pertama, mahasiswa dibebaskan dari UKT dan mendapatkan insentif uang bulanan, kedua mahasiswa bebas dari UKT tiap semester namun tidak mendapatkan uang bulanan, dan yang terakhir adalah mahasiswa memperoleh kelompok UKT 1 sebesar 500.000 atau UKT 2 sebesar 1.000.000 yang dibayarkan per semester.
“Tentu, penentuan penerima KIP-K dan UKT rendah nantinya akan melalu seleksi yang ketat. Kami ingin memastikan bahwa program KIP-K dari pemerintah ini bisa tepat sasaran,” jelas Wiwik.
Selain fasilitas kuliah gratis dan UKT terjangkau, POLSUB juga menyiapkan beberapa fasilitas Laboratorium dan Bengkel yang bisa dimanfaatkan oleh setiap mahasiswa untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar. Bahkan, bisa dikatakan bahwa fasilitas yang ada di POLSUB saat ini cukup lengkap dan tersedia di setiap program studi, baik di D-III Sistem Informasi, D-III Agroindustri, D-III Pemeliharaan Mesin, D-III Keperawatan, D-IV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, D-IV Teknologi Produksi Tanaman Pangan, dan D-IV Teknologi Rekayasa Manufaktur.
“Setiap prodi kami siapkan alat-alat yang bisa meningkatkan kompetensi mahasiswa, sehingga nantinya ketika lulus mereka sudah siap untuk bekerja, khususnya ketika terjun langsung ke industri. Jika ingin melihat laboratorium dan bengkel yang ada POLSUB, bisa langsung datang ke kampus kami, baik di Ciereng ataupun di Cibogo,” ajak Wiwik.
Simak Jadwal Lengkap Penerimaan Mahasiswa Baru di POLSUB
Saat ini, POLSUB memiliki tiga jalur Penerimaan Mahasiswa Baru yang bisa diikuti oleh siswa lulusan SMA / SMK / MA. Pertama adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang dikhususkan untuk lulusan tahun 2024. Kedua, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) yang bisa diikuti oleh lulusan tahun 2024, 2023, dan juga 2022. Terakhir adalah Seleksi Mandiri (SM) yang juga bisa diikuti oleh lulusan tahun 2024, 2023, dan 2022. Bedanya adalah SM digelar oleh POLSUB melalui tiga tahap yaitu, SM Konsorsium PTVN (Perguruan Tinggi Vokasi Negeri), SM Prestasi, dan SM Tes.
“Semua pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru yang ada di POLSUB dilaksanakan secara transparan dan tidak ada istilah mahasiswa titipan. Jika ada oknum atau calo yang mengatasnamakan POLSUB, mohon laporkan pada kami,” tegas Wiwik