Alumni POLSUB Berhasil Lanjut Studi ke Taiwan


POLSUB – Dua lulusan Politeknik Negeri Subang (POLSUB) berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di Taiwan. Melalui beasiswa Industry Academia Collaboration 2+i Taiwan-Indonesia, Shaddam Dzumalin Naufal dan Iqbal Maulana berhasil memperoleh kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang Strata Satu (S1).

Program beasiswa pemerintah Taiwan melalui Taipei Economic and Trade Office (TETO) tersebut bertujuan untuk mendorong mahasiswa lulusan jenjang Diploma III untuk melanjutkan studi di Taiwan. Dua mahasiswa dari Jurusan Teknik Mesin POLSUB itupun akan kuliah selama 3 tahun di Cheng Shiu University, Jurusan Mechanical Engineering, Program Studi Industrial Engineering and Management bersama 12 mahasiswa lainnya dari Yogyakarta, Makassar, Indramayu, dan Papua.

“Untuk beasiswa yang akan kami peroleh adalah selama satu setengah tahun, untuk sisanya nanti kami lanjutkan dengan magang di perusahaan-perusahaan di Taiwan,” jelas Shaddam.

Dalam memperoleh beasiswa tersebut, Shaddam dan Iqbal harus benar – benar detail dalam mempersiapkan berkas – berkas persyaratan. Iqbal menjelaskan bahwa untuk setiap persyaratan harus disiapkan jauh -jauh hari sebelum deadline, supaya kita benar – benar siap untuk bisa melanjutkan ke tahap interview. “Jika sudah lolos dan mendapat approval letter, maka kita bisa lanjut ke pembuatan visa residen Taiwan,” ungkap Iqbal.

Shaddam dan Iqbal juga berpesan kepada para mahasiswa POLSUB, khususnya dari Jurusan Teknik Mesin untuk tidak takut mencoba dalam meraih kehidupan di masa depan yang lebih baik, tidak terkecuali untuk belajar di luar negeri.

“Banyak – banyak mencari informasi tentang beasiswa di dalam ataupun di luar negeri, khususnya yang ingin lanjut kuliah. Buat planning dan target jauh – jauh hari supaya rencana yang kita buat bisa tercapai untuk lanjut kuliah,” tambah Shaddam.

Iqbal juga menambahkan,”tetap semangat dan berani mencoba walaupun banyak rintangan karena kesuksesan itu diawali dengan proses yang menyakitkan terlebih dahulu,”

Tak kalah penting juga adalah peran orang tua dan keluarga yang juga harus support dalam segala hal, baik dukungan doa, moral, dan juga materi.”Tak lupa pula para dosen – dosen di POLSUB yang memberikan informasi terkait beasiswa ini dan membantu kami dalam pengurusan administrasi pemberkasan,” tambah Shaddam.