Dua Tim PKM POLSUB Lolos Pendanaan Hibah Nasional


Dua tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Politeknik Negeri Subang (POLSUB) berhasil lolos seleksi nasional. Keduanya secara resmi akan memperoleh pendanaan dari Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada penguuman surat nomor 0598/D4/KM.01.00/2023.
Kedua tim tersebut berhasil lolos di tingkat nasional pada kategori PKM-RE (Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta). Tim pertama terdiri atas Akbar Djiwanggoro (D3 Agroindustri), Firda Amaliyah Rohmah (D3 Agroindustri), Muhammad Zaki Aulia (D3 Agroindustri), Salharika Kurnia Amareti (D3 Agroindustri), Naila Putri Cahya Novitri (D3 Sistem Informasi) dengan judul riset “Karakteristik Kimia dan Mikrobiologi Yoghurt Non-Diary Rendah Lemak dengan Starter Tangkai Cabai Bagi Penderita Lactose Intolerance.”
Tim kedua adalah Cacuk Cahyadi (D3 Agroindustri), Alya Irbah (D3 Agroindustri), Marcella Nur Baeti (D3 Agroindustri), Mellani Indah Saputri (D3 Agroindustri), dan Nurlayla Zain Capah (D3 Agroindustri) dengan judul “Optimalisasi Pemanfaatan Tepung Bonggol Pisang Kepok (Musa paradisiaca L.) Termodifikasi Terhadap Karakteristik Beberapa Produk Pangan.”
Dengan hasil tersebut, Wakil Direktur I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wiwik Endah Rahayu tidak bisa menutup kebahagiannya dengan prestasi tersebut, mengingat tahun lalu hanya satu tim saja yang lolos. ”Alhamdulillah, kami para direksi sangat mengapresiasi dengan prestasi mereka. Semoga bisa menjadi motivasi untuk mahasiswa lainnya,” jelas Wiwik.
Koordinator PKM POLSUB, Muhammad Gilang Ramadhan mengungkapkan bahwa kedua tim tersebut selanjutnya akan melakukan riset dan membuat laporan hasil. Jika hasilnya bagus dan sesuai ekspektasi para rivewer, maka mereka bisa berpeluang untuk lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional (PIMNAS). “Semoga hasilnya maksimal dan bisa lolos ke PIMNAS,” harap Gilang.
Selamat dan sukses bagi kedua tim yang berhasil terpilih dalam pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa, semoga hasil tersebut bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa POLSUB.