Sosialisasi Jalur Masuk POLSUB 2021


Politeknik Negeri Subang (POLSUB) sejak berdirinya pada tahun 2014 sampai saat ini sudah memilki tiga gedung baru di kampus 2, Cibogo.  Hal ini merupakan suatu perjalanan sejarah yang penuh perjuangan untuk mencapai visinya pada 2030 menjadi salah satu Politeknik Negeri terbaik di Indonesia. Demikian disampaikan  Oyok Yudianto, S.T., M.T. Selaku Wakil Direktur Bagian Akademik dan Kemahasiswaan saat menyampaikan sosialisasi tentang Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di POLSUB kepada Guru Bimbingan Konsuling (BK) se Indonesia pada Webinar Strategi Bimbingan Konseling Krisis Saat Pandemi pada Kamis (18/2) secara online melalui media Microsoft Teams.

Oyok kemudian menjelaskan lulusan politeknik memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan lulusan S1 dimana mahasiswa lebih banyak melakukan praktek dibandingkan teori. Selain itu juga mahasiswa juga diberikan sertifikasi pendamping ijazah sebagai bekal saat bekerja nanti. “POLSUB saat ini sudah memiliki gedung sendiri dan sarana prasarana praktek yang memadai, sehingga POLSUB bisa menjadi pilihan tepat bagi siswa di sekitar Subang untuk kuliah di Politeknik Negeri terdekat,” Paparnya.

POLSUB membuka tiga jalur masuk untuk penerimaan tahun ajaran 2021/2022 ini yaitu Jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) saat ini sedang dibuka sampai tanggal 19 Maret. Pendaftaran bisa langsung melalui https://snmpn.politeknik.or.id/ dan biaya pendaftran nya gratis dan pengumuman hasilnya pada 6 April. “Jalur penerimaan kedua yaitu Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) dimana seleksi ini dilakukan ujian serentak di seluruh politeknik. Jadi siswa harus benar-benar mempertimbangkan pilihan pertamanya,” Ujarnya.

Pendaftaran SBMPN dibuka mulai 10 Mei – 10 Juni dan dilakuan ujian serentak pada tanggal 12 Juni lalu akan diumumkan pada 19 Juni 2021. Jalur ketiga yaitu Ujian Mandiri dimana untuk mengikuti ini ada biaya pendaftaran dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang direncanakan mulai  19 Juni – 15 Juli. “ Ujian Mandiri akan dilaksanakan pada 17 Juli serta diumumkan pada 19 Juli 2021,” Pungkasnya.